skip to main | skip to sidebar

03 Mei 2012

Fitur Unggulan Android

Bagi anda yang sedang bingung mau beli smartphone, atau masih pilih pilih beli Blackberry , Iphone atau Android, berikut ini saya (hanya) sajikan Fitur Unggulan Android dari sisi pandang end user, Fitur ini merupakan fitur Unik yang tidak ada di Smarphone lain.
Home  screen
Homescreen adalah tampilan “layar” dari Android. Jika Android adalah Deskop PC, maka HomeScreen adalah tampilan Deskopnya. Kelebihannya, kita bisa mempunyai banyak homescreen dari 4-7, Jika anda mengenal Virtual Deskop di Linux, maka Konsep homescreen sama dengan virtual deskop tersebut. Di masing masing homescreen bisa anda tambahkan Widget atau shortcut ke Aplikasi .
Universal Search
Pencarian adalah  inti dari bisnis Google. Maka Jangan heran kalo Produk Android juga menjadikan Search salah satu fitur yang dibenamkan ke dalamnya.
Universal search adalah fitur inti dari Android. Semua yang ada didalam Android bisa di cari, dari Aplikasi, contact, pesan dan tentunya alamat website. Hebatnya ketika anda misal membuka contact, maka search otomatis hanya menampilkan daftar contact yang  sesuai.
Integrasi Google service
Karena Android adalah produk Google, maka secara otomatis semua layanan utamanya bisa anda akses lewat android. Diantaranya Gmail, Youtube, Google Search, Google Translate, Google Maps, Google Earth, Google Talk, Google Calendar, Google Reader dan produk Google lainnya.
Jika anda saat ini hanya menggunakan GMail dan Google Search, sudah saatnya anda menggunakan layanan Google lainnya.
Live Wallpaper
Pernah melihat screensaver atau Wallpaper di deskop yang bergerak? itu adalah live Wallpaper, Android mulai versi 2.1 Mendukung live wallpaper, dimana anda mengganti sesuai selera anda. Ah itu biasa saja? masa? Perbedaan mendasar Live wallpaper di android adalah, anda bisa berinteraksi dengan wallpaper tersebut.
Sebagai contoh, Live wallpaper aquarium, anda bisa memberi makan ikan ikan di aquarium, contoh live wallpaper lain adalah Galaxy yang berputar, anda bisa mengubah sudut pandang galaxy dengan menyentuhnya.
Widget
Widget adalah program kecil yang berjalan di layar, jika anda pemakai Windows 7, tentunya anda sudah familiar dengan hal ini. Sekarang Widget tidak hanya ada di Desktop mu, tapi juga di HP Androidmu, dari jam dinding, Facebook update, Google Search dan berbagai macam widget bisa anda pakai untuk menghiasi Homesscreen android kamu.
Wireless Tethering
Menjadikan HP android anda menjadi portabel Hotspot. Masih bingung? dengan menggunakan fitur ini, maka HP kamu jadi Hotspot internet dengan memanfaatkan jaringan 3g/HDSPA atau EVDO (tergantung HP) dan menjadikan Wireless Android menjadi Akses point.
Dengan fitur ini, anda bisa berbagi koneksi dengan teman anda, dan sekarang anda tidak perlu repot repot membeli modem terpisah atau mencari kabel USB jika ingin browsing di Notebook.
Fitur ini hanya ada di android versi 2.2 , namun jika versi android anda lebih rendah dari 2.2 anda juga tetap bisa menggunakan aplikasi wireless tether yang fungsinya sama seperi gambar disamping
Unlock Pattern
Fitur security yang bahkan pemakai android pun jarang tahu adalah unlock pattern. JIka HP biasa menggunakan kombinasi tombol (misal, tekan tanda (*) lalu tekan (#), Android meningkakan keamanan dengan unlock pattern.
Untuk membuka android yang ke lock, anda harus menggambarkan pattern yang sudah anda buat sebelumnya. Dengan seperti ini, HP anda lebih aman dari pemakaian yang tidak di izinkan.
Universal Contact
Contact di Android bukan sembarang contact, namun super contact. Saat ini anda pastinya punya teman di YM, Facebook, Gmail atau twitter. Sebagian teman hanya bisa dihubungi lewat email, sebagian lagi cuman temenan ditwitter atau facebook, sebagian lagi cuman kenal Di YM. Bagaimana agar semua  contact tertata rapi? Aplikasi contact di android adalah solusinya. Dengan satu contact, semua temen anda terdata disini, jadi contact bukan hanya menyimpan nomor HP, tapi juga daftar teman anda di FB, twitter, YM atau layanan lainnya.
Jika ingin menghubungi teman yang misalnya kita hanya tau YMnya, cukup klik ikon temen kita di contact, klik YM, maka aplikasi YM langsung terbuka dan anda bisa langsung kirim pesan ke dia. Begitu juga dengan facebook dan twitter.
Notifikasi
NOtifikasi android sangat nyaman, saat ada update aplikasi baru, ada pesan SMS, ada teman yang ngecat di YM atau ada email yang masuk di Gmail anda? semuanya akan muncul di satu tempat, yaitu notifikasi bar.
Dengan pesan notifikasi yang jadi satu, sangat kecil kemungkinan anda ga tahu ada pesan sms baru, email baru, atau pesan YM baru di android anda.
Fitur lain
Fitur lainnya yang cukup standar (artinya ada di smartphone lain) adalah voice action,  virtual keyboard, touchscreen, autorotate, GPS, compass  dan sistem operasi HP anda bisa di upgrade ke versi terbaru tanpa harus ganti HP.

0 komentar:

Posting Komentar

jika anda menemukan link yang error silahkan berkomentar disini.